Header Ads

Flag Counter
Breaking News
recent

APLIKASI EMOSI DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI


                               APLIKASI EMOSI DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI
Dalam kehidupan sehari – hari faktor emosi anak dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan mencerdaskan anak di lingkungan keluarga. Berdasarkan hal yang terkait dengan ini di jelaskan sebagai berikut:
v  Proses emosi dapat dijelaskan dari proses fisiologik, yaitu terjadinya emosiditandai oleh adanya perubahan dalam diri (visceral change). Perubahan dalam diri selama emosi dipengaruhi oleh system saraf autonomic, kelenjar endokrin, dan system saraf pusat. Hypotalamus dan cerebral cortex,memiliki peranan yang penting  dalam proses emosi. Hypotalamus ini bekerja mengontrol system saraf autonomic, selanjutnya mengawali dan memulai terjadinya kondisi dasar dan emosi, cerebral cortex bertindak sebagai penggerak perbuatan emosi yang keadaannya tiddak teratur tersebut.
v  Perubahan dalam refleks kulit galvanis-RGK (galvanic skin reflex-GSR), sirkulasi (termasuk di dalamnya  perubahan tekanan dara, perubahan kimia dan distribusinya) aktivitas :gastrointensinal” (panas badan), respirasi/berkeringat, berdirinya bulu kuduk, ukuran pupil mata, dan sebagainya. Semuannya merupakan komponen – komponen yang menandai secara fisik terjadinya emosi.
v  Kondisi bangkitnya (arousal state) emosi dan motivasi sangat mirip satu sama lain. Semakin tinggi status bangkitnya, cendrung diiukuti oleh semakin tingginya intensitas dan kuatnya emosi. Meskipun demikian , kebangkitan fisiologik bisa menghasilkan tipe – tipe emosi yang berbeda, tergantung lingkungan di mana kebangkitan itu terjadi. Misalnya kita sebenarnya mau marah, tetapi samping kita ada “mertua ata calon mertua”, bentuk marah kita jadi berbeda. Ini artinya proses cerebral yang mempersepsi situasi dan menafsirkan sensasi selalu berbasis pada keadaan lingkingan.
v  Takut dan marah misalnya, merupakan akibat dari proses fisiologikal yang berbeda. Pada saat takut, adrenalin berada dalam aliran darah, respirasi meningkat, refleksi kulit galvanis (RKG) menurun, tekanan pada otot – otot mulai terjadi dalam  waktu singkat. Saat marah nonadrenalin, di bawah ke dalam aliran darah, dikuti oleh berkurangnya respirasi, meningkatkan RKG, tekanan otot bersifat menyeluruh, dan terjadi tekanan darah yang meningkat.
IMPLIKASI EMOSI
Penjelasan proses emosi yang secara umum dan ringkas dapat dipetik sebuah inplikasi bahwa dengan ketahuan emosi dan sebab – sebabnya, akan dapat diambil manfaat atau kegunaan, baik untuk keperluan penelitian dan pengembangan ilmu maupun untuk keperluan praktis.
*         Keperluan penelitian dan pengembangan
Dalam bidang keperluan penelitian, dapat dicotohkan ada bentuk penelitian yang disebut pupilometrik. Pupilometrik adalah suatu studi tentang  perubahan ukuran pupil  pada manusia. Pupil menjadi melebar bila individu melihat rangsangan yang menarik dan mengerut (contract) ketika seseorang berfokus pada objek yang membosankan dan tidak menyenangkan.
*         Keperluan prktis
Dalam implikasi praktis, pendekatan dan pemahaman emosi dapat diterapkan sebagai suatu alat untuk mendeteksi kebohongan seseorang.. Di Negara maju seperti Amerika, Inggris dan sebagainya, alat detektor bohong telah dapat digunakan sebagai salah satu bahan konfirmasi mengenai sebuah kasus untuk diambil suatu kesimpulan. Detektor bohong, bekerja dengan asumsi bahwa perubahan fisiologik tertentu diikuti oleh perbuatan bohong. Berbagai perubahan badaniah diukur dengan menggunakan alat Volygraph yang mana kata – kata “netral” atau yang “kritikal dengan tujuan tertentu dapat menunjuk pada suatu subjek kebohongan tertentu. Alat ini tidak akan bekerja apabila orang tidak emosi atau pada saat orang yang khawatir
*         Kegunaan lain
¾     Pemahaman mengenai emosi yang dikaitkan dengan aspek kejiwaan lainnya seperi kognisi, memori, motivasi, dan sebagainya, bisa merupakan dorongan dalam meningkatakan  kualitas diri individu misalnya dalam hal belajar, bersikap, berbuat menyesuaikan norma, memahami anak, generasi muda, dan sebagainya.
¾     Emosi merupakan daya dorong untuk berbuat. Keputusan akan menimbulkan kesenangan dan ketidakpuasan akan menimbulkan ketidaksenangan. Oleh karena itu, emosi merupakan kesenangan sendiri bisa berfungsi sebagai motif. Demikian pula, apabila seseorang tidak puas, akan menjadi motif seseorang untuk mencari alternatif lainnya.
¾     Untuk mengetahui perkiraan dari mana seseorang berasal ditilik dari  segi bahasa ekspresinya. Ekspresi emosi sangat ditentukan oleh konvensi social tentang bagaiman biasanya diekspresikan kepada orang lain. Pada manusia, emosi dikomunikasikan melali berbagai cara, yaitu melalui suara, ekspresi wajah, dan lain – lain.






1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

terima kasih

Diberdayakan oleh Blogger.