Header Ads

Flag Counter
Breaking News
recent

Cara Pijat Bayi yang Benar

Cara Pijat Bayi yang Benar
Cara Pijat Bayi yang BenarPijatan pada bayi memberikan banyak manfaat. Memijat bayi bisa dilakukan sendiri di rumah dengan cara pijat bayi yang benar.
Selain dilakukan oleh ahlinya, pijat bayi juga bisa dilakukan sendiri di rumah oleh orang tua. Pijat bayi memiliki manfaat yang besar untuk si kecil. Pijatan yang dilakukan tidak hanya akan mendekatkan ikatan anda dan si kecil, tetapi akan membuat si kecil lebih rileks, membantunya tidur pulas, meningkatkan sirkulasi darah, melancarkan sistem pencernaan bayi, mendukungperkembangan bayi, sosial dan mental si kecil, membuatnya lebih nyaman dan masih banyak manfaat lainnya yang akan dirasakan oleh si kecil.
Memijat bayi berbeda dengan memijat orang dewasa. Ketika anda memijat si kecil disarankan untuk lebih berhati-hati karena anggota tubuhnya masih sangat lemah. Cara pijat bayi yang benar harus anda lakukan ketika memijat buah hati tercinta.


Pijat bayi dengan cara pijat bayi yang benar bisa anda lakukan setiap hari setelah selesaimemandikan bayi. Jika anda rajin melakukan pijat bayi, dijamin bayi anda akan mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan sebelumya.
Sebelum melakukan pijat bayi, anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Siapkan alat alat yang dibutuhkan untuk menunjang proses pemijatan si kecil.

Cara Pijat Bayi yang Benar
Persiapan
Beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum memijat bayi yaitu minyak telon, baby lotion dan baby oil. Anda bisa menyesuaikannya dengan kenyamanan bayi anda dan alergi yang dimilikinya.
Siapkan pula handuk lembut atau kain lembut yang digunakan sebagai alas untuk memijat bayi anda agar ia merasa nyaman dan rileks ketika dipijat.
Cara Pijat Bayi
Selama melakukan pijatan pada si kecil disarankan untuk mengajaknya berkomunikasi atau mengajak ia bernyanyi. Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan kemampuan verbal si kecil, serta untuk mempererat ikatan anda dengan buah hati tercinta.
  • Wajah
Tekankan jari anda dengan lembut dari tengah kening si kecil ke arah pelipis dan pipi. Kemudian, pijat bagian atas alis dengan menggunakan ibu jari. Selanjutnya, tarik garis dari hidng ke arah pipi dengan diberikan tekanan lembut. Pijat area mulut bayi anda dengan menggunakan ibu jari. Tarik bibirnya dengan lembut hingga membentuk senyuman. Setelah itu, pijat lembut di area rahang bawah bayi anda, mengarah dari tengah menuju samping untuk membuat senyuman pada bibir bayi anda.
  • Dada
Letakan kedua tangan anda di dada si kecil. Lalu lakukan gerakan ke atas dan ke samping, kemudian kembali ke tengah dengan gerakan seperti membentuk hati. Setelah itu, dari bagian tengah dada si kecil buat arah silang dengan menggunakan telapak tangan anda mengarah ke bagian bahu.
  • Perut
Ketika memijat bagian perut ingatlah jangan melakukan pijatan di atas tuluang rusuk bayi atau ulu hati.
Anda bisa memulai dengan melakukan gerakan mengeruk di atas perut bayi anda, mengarah dari atas ke arah bawah perut. Kemudian, angkat kedua kaki bayi anda. Lalu tekan kedua lututnya dengan perlahan dan hati hati ke arah perut. Setelah itu, buatlah gerakan melingkar bergantian di atas perut si kecil dengan arah jarum jam. Rasakan adanya gelembung angin di dalam perut bayi anda. Lalu dorong dengan menggunakan jari jari searah dengan jarum jam.
  • Tungkai
Tuangkan minyak yang sudah anda siapkan ke telapak tangan. Gosok-gosok minyak tersebut pada tangan anda hingga terasa hangat. Kemudian, pijat lembut paha si kecil ke arah bawah hingga turun ke area betis.
Setelah itu, anda bisa memijat bagian punggung kaki si kecil dengan gerakan memutar. Ketika memijat bagian pergelangan kaki hingga ke jari jari kaki anda bisa memberikan usapan. Selanjutnya, beralih ke bagian telapak kaki si kecil. Ketika memijat bagian ini anda bisa menggunakan ibu jari.
Terakhir, pijat jari jemari mungil si kecil. Ambil jari jari si kecil dengan ibu jari dan telunjuk jari anda, tarik jari jarinya dengan lembut. Lakukan cara yang sama untuk jari yang lainnya.
  • Lengan
Setelah memijat bagian tungkai, anda bisa beralih memijat bagian lengannya. Anda bisa memulai melakukan pijatan dari tangan bagian atas sampai ke pergelangan tangannya. Sesampainya di pergelangan tangan, putar lembut beberapa kali. Kemudian, untuk telapak tangannya yang mungil anda bisa memijatnya dengan menggunakan ibu jari. Akhiri memijat bagian tangannya ini dengan memijat lembut bagian jari jari tangannya.
  • Punggung
Posisikan bayi anda tengkurap di atas bantalan lembut agar ia merasa lebih nyaman. Lalu letakan tangan anda di punggung si kecil dan lakukan gerakan maju mundur dengan lembut. Setelah itu, lakukan gerakan meluncur di awali dari leher si kecil ke arah pantat. Pada otot samping tulang punggungnya anda bisa melakukan gerakan melingkar. Untuk mengakhiri pijatan, anda bisa mengusapkan telapak tangan anda dari bahu sampai kakinya.
Untuk mengetahui cara pijat bayi yang benar dan bermanfaat untuk si kecil lebih jauh anda bisa mengikuti kelas khusus.
Saat memberikan pijatan pada si kecil anda harus memastikan jika ia tidak dalam kondisi lapar atau kenyang. Hindari memijat bayi anda ketika ia akan terlelap tidur.
Agar bayi anda menikmati pijatan, anda bisa memperhatikan segala isyarat yang dikeluarkannya. Isyarat tersebut menjadi tanda apakah ia nyaman atau sebaliknya. Jika si kecil mulai menangis dan merasa tidak nyaman ketika dipijat sebaiknya hentikan segara pijatan yang anda lakukan karena itu tandanya ia sudah merasa cukup dengan pijatan yang anda berikan.
Berikut ini video pijat bayi:


Tidak ada komentar:

terima kasih

Diberdayakan oleh Blogger.